Minggu, 08 Januari 2017

Begini Cara Facebook Bikin Karyawannya "Tutup Mulut"

CEO Facebook Mark Zuckerberg dimaksud tak pelit membagikan info tentang proyek-proyek rahasia perusahaan pada beberapa pegawainya. Hal yang mengagetkan, perbincangan rahasia Facebook itu tidak sering sekali bocor.

Sumber internal menyampaikan tiap-tiap minggu Zuckerberg lakukan pertemuan teratur dengan nyaris 16. 000 orang karyawannya. Dalam pertemuan tersebut dia bakal dengan cara terbuka bicara tentang proyek rahasia atau kiat perusahaan.

Misalnya masalah aplikasi pembaca berita Paper atau aplikasi Slingshot yang di buat untuk menyaingi Snapchat.

Zuckerberg juga blak-blakan membuka tujuannya untuk mendorong adopsi video melalui aplikasi asisten pribadi " M ". Pria beranak satu ini dapat tidak sungkan mengungkap pendapat pribadinya tentang kompetitor Facebook, seperti Snapchat serta Twitter.

Secara singkat, pertemuan itu seakan tidak membatasi tema, semuanya dibicarakan demikian saja. Tetapi nyaris tak ada info yang bocor keluar, walau yang pertemuan ini terbuka untuk semuanya pegawai, termasuk juga anak magang.

Lantas bagaimana langkahnya Facebook bikin semuanya rahasia ini tidak bocor ke luar dinding perusahaan?

Seperti dirangkum KompasTekno dari Recode, Jumat (6/1/2017), seseorang bekas pegawai Facebook menyampaikan kalau satu diantara kuncinya yaitu keterbukaan Zuckerberg sendiri. Menurut dia, keterbukaan itu bikin beberapa pegawai terasa khusus serta sungkan untuk mengungkapkan info dari pertemuan itu.

Disamping itu, seseorang pegawai lain menyampaikan kalau ada sedikit perjanjian yang di buat untuk melindungi kerahasiaan isi pertemuan itu.

Perjanjian yang disebut diaplikasikan dengan cara resmi. Satu diantara memiliki bentuk, Facebook senantiasa mengadakan latihan media serta mengingatkan pegawainya kalau mereka dapat dipecat bila mengungkapkan rahasia perusahaan.

Di tiap-tiap pertemuan itu juga Zuckerberg senantiasa mengingatkan kalau semuanya perbincangan serta tanya-jawab yang ada yaitu hal pribadi, spesial untuk internal perusahaan.

Bekas pegawai yang lain, menyampaikan kalau satu hal-hal lain yang melindungi kerahasiaan kiat perusahaan yaitu rasa malu serta desakan dari rekan-rekan sesama pegawai.

“Orang-orang bakal terasa tersinggung bila ada satu diantara pegawai yang mengungkapkan info rahasia perusahaan. Kamu tak bisa mengkhianati keluarga, ” tutur bekas pegawai itu.

Saat info bocor

Walau Facebook termasuk perusahaan yang mampu melindungi kerahasiaan strateginya, bukanlah bermakna tak pernah ada kebocoran info. Pada November 2015 lantas, pernah berlangsung kebocoran info serta hal semacam ini selesai jelek untuk pembocornya.

Saat itu, Fcebook tengah kerjakan satu aplikasi asisten virtual bernama M. Ini adalah proyek yang dirahasiakan serta cuma dibicarakan oleh beberapa orang di lingkungan internal saja.

Tetapi tak tahu bagaimana, info tentang pengembangan aplikasi itu bocor ke media. Zuckerberg yang umumnya tenang serta condong tertutup itu terasa geram.

Lantas dalam satu pertemuan dengan beberapa pegawainya, bos paling tinggi Facebook itu berjanji bakal temukan sang pembocor rahasia serta memecatnya.

Sebagian minggu setelah itu, dalam satu pertemuan teratur, Zuckerberg memberi berita tentang janji itu. Menurut dia, sang pembocor rahasia telah diketemukan serta pada akhirnya dipecat.

Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar